Sabtu, 28 September 2013

MATERI SMP KELAS IX SEMESTER 1 (Bab 3)

BAB 3: SUMBER ARUS LISTRIK
a.      Gaya gerak listrik (GGL)
GGL adalah besar beda potensial sumber tegangan pada saat belum digunakan (tidak ada arus/pada rangkaian terbuka.


b.      Elemen listrik primer
Adalah sumber arus listrik yang tidak dapat diisi ulang (disetrum).

Misal:
1.      Elemen Volta
Terdiri dari lempeng logam tembaga (anoda), lempeng logam seng (katoda) dan larutan penghantar elektrolit H2SO4. Arus listrik yang mengalir hanya sebentar, hal ini disebebkan terjadinya polarisasi, yaitu menempelnya gelembung-gelembung gas hidrogen pada kutub positif sehingga menutup jalannya arus listrik. Beda potensial yang ditimbulkan 1 volt.

2.      Elemen kering
Terdiri dari sebatang karbon (anoda), lempeng logam seng (katoda) yang dibuat sebagai wadahnya, pasta salmiak (NH4Cl) yang dicampur serbuk arang sebagai larutan elektrolitnya dan batu kawi (MnO2) yang difungsikan untuk menghambat terjadinya polarisasi (depolarisator). Beda potensial yang ditimbulkan 1,5 volt.

c.       Elemen listrik sekunder
Adalah sumber arus listrik yang dapat diisi ulang.

Misal:
Akumulator (aki)
Terdiri dari dua elektroda yaitu PbO2 (anoda), Pb(katoda) dan larutan elektrolit H2SO4. Beda potensial yang ditimbulkan 2 volt.

d.      Tegangan jepit

Pada suatu rangkaian listrik tertutup (terpasang) dan terjadilah arus listrik, maka beda potensial listrik yang terukur disebut tegangan jepit. Dapat dikatakan tegangan jepit adalah beda potensial selama ada arus listrik.

0 komentar:

Posting Komentar